MULTIMEDIA

Multimedia  berawal dari Teater yaitu Pertunjukkan panggung yang memanfaatkan lebih dari satu media, antara lain monitor dan video, sound system, tonil, teknik lighting baru tahun 1980an Sistem Multimedia mulai merambah dunia komputer, yaitu dimunculkannya : 


1. Hyper Card tahun 1987 oleh Apple 

2. AVC (Audio Visual Connection) tahun 1989 oleh IBM
3. Adhapter Card tahun 1989 oleh PS/2
Pada tahun 1994 Sistem Multimedia di pasaran sudah mencapai 700 produk lebih.


Dengan Sistem Multimedia Komputer, User dapat membuat atau menikmati foto video bergerak atau animasi sekaligus dengan suara stereom.
Para pendukung Multimedia menyatakan bahwa " Jika media berbagai indera dikombinasikanmaka efek yang dihasilkan melebihi penjumlahan bagian-bagiannya. "

Perkembangan Sistem Multimedia sekarang sudah bersifat Interaktif , sehingga memungkinkan menjalankan aplikasi Multimedia dengan berbagai media yang lebih mudah memakainya, antara lain menggunakan Touch Screen dengan layar monitor yang terkini. Dalam perkembangannya Multimedia digunakan sebagai alat untuk bersaing, antara lain untuk membuat iklan, kampanye, fasilitas penerbangan, taman rekreasi, olimpiade, maupun alat-alat rumah tangga. Bahkan, sekarang banyak produk yang tidak ada kaitannya dengan Multimedia, memakainya hanya untuk menarik perhatian. Namun demikian, diperlukan kominasi peralatan produksi yang canggih, professional komunikasi maupun spesialis informasi. Karena biaya pengembangan yang besar, maka ssebuah perusahaan memanfaatkan kekuatan Multimedia harus sangat hati-hati dalam memilih dan merancang aplikasi.



0 komentar