SOLUTION of PROBLEM CYCLING

SOLUTION of PROBLEM CYCLING
(SOLUSI MASALAH SAAT BERSEPEDA)

Ujian Nasional SMK dan sederajat tinggal mengitung jari nih, buat saya itu ujian emang sah bagi orang yang mau lulusan..... tapi selain belajar, kalian juga jangan lupa buat olahraga, terutama bersepeda...hhe. Syukur-syukur bisa naikin tinggi badan sama nilai kalian.....
Karena udah sering banget ngalamin problem saat bersepeda, sekarang saya mau share tips ngatasin problem itu, ini dia.....

1)   BAN DALAM BOCOR
Ban dalam bocoradalah halyang seringterjadi. Penyebabnya bermacam-macam, dari tertusuk benda tajam, misal serpihan kayu atau kawat, terkena tusukan batu yang runcing dan ban kurang angin, sambungan pentil yang karatan/rusak , atau memang kondisi ban dalam yang sudah tua.Untuk mencegahnya, bisa dengan selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban, sesuaikan dengan medan yang akan dilalui. Bila akan melewati jalur yang banyak batunya usahakan tekanan angin tidak terlalu keras atau lunak, dan bila melewati jalan aspal mulus usahakan tekanan angin yang agak keras/tinggi. Bagi yang menggunakan ban dalam dengan pentil yang terbuat dari besi, periksa apakah ada karat atau tidak, baiknya menggunakan pentil dari plastik.
Ini salah satu tips yang direkomendasikan dari salah satu artikel yang pernah saya baca, yaitu bila terjadi ban dalam bocor, yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan ban dalam cadangan. Bila beraktifitas offroad pastikan membawa paling tidak satu buah ban dalam cadangan. Pastikan juga membawapengungkit untuk memudahkan membuka ban luar dan tentunya pompa! Caution : Memambal ban adalah tindakan yang tidak direkomendasikan!Selain tingkat kegagalannya tinggi juga memakan waktu.
Itu menurut artikel yang saya baca, tapi jika kepepet mending tambal ban kalo perjalanannya memungkinkan.

2) BAN LUAR SOBEK
Kejadian ini sebenarnya jarang terjadi, tapi pernah dan bisa terjadi juga. Saya juga pernah mengalaminya, takseperti ban dalam yang bocor/rusak, bila ban luar yang sobek bisa jadi ini adalah akhir dari acara offroad anda. Peristiwa ban sepeda offroad rusak yang jarang terjadi mengakibatkan jarangnya offroader yang membawa spare part ini. Ban dalam pasti banyak yang bawa, ban luar??? siapa yang mau bawa???
Kerusakan ban luar offroad biasanya disebabkan oleh usia ban yang sudah cukup uzur. Ban lama cenderung getas dan biasanya ada retakan, bila dipaksakan terus di medan offroad yang berbatu pastinya akan cepat rusak. Penyebab lainnya adalah kurang angin, bila ban kurang angin dan menghantam kontur batu yang tajam, niscaya ban akan beresiko rusak. Tidak hanya merusak ban dalam, ban luar juga akan terkena dampaknya.Cara mengatasinya tentunya dengan membawa ban luar cadangan, masalahnya siapa juga yang bawa-bawa ban luar kalo lagi offroad ? Kalo nggak ya, pergi ke bengkel sepeda minta ganti yang baru...hha

3)  RANTAI PUTUS
Saat di jalanan, saat asyik menuruni tanjakan atau saat akan memindahkan gigi sering sekali rantai putus atau lepas, bila tidak dirawat dengan baik, tidak diberi pelumas atau tidak dibersihkan dari kotoran secara rutin, akan mudah putus atau lepas.

4)  REM PATAH/MALFUNGSI
Pengalaman ini juga pernah saya lalui, dulunya saya juga tidak begitu khawatir saat rem patah dan menganggapnya hal sepele, hanya menggunakan satu rem depan saat offroad sangatlah menyiksa. Bisa dipastikan ketika hanya menggunakan satu bagian rem saja, sepeda tidak bisa berjenti dengan baik, sangat BERBAHAYA! dan juga rem mudah terbakar.
Kedua item merupakan komponen sepeda yang berada di stang. Kerusakan komponen ini biasanya terjadi ketika sepeda menginjakaspal/tanah, bagian ini menghantam objek benda keras dan akhirnya rusak/patah.Untuk mengurangi resiko shifter atau rem patah, usahakan jangan membaut terlalu kencang ke stang. Longgarkan sedikit baut pada shifter atau rem. Tujuannya agar ketika menghantam benda keras, keduanya bisa bergerak dan memiliki peluang terhindar dari patah.
Oke, postingan kali ini saya cukupkan, sampai jumpa di postingan berikutnya ya!!! Semoga BERMANFAAT,,,,, J



2 komentar