SEPEDAAN UNTUK OSTEOARTHRITIS


Sepedaan alias gowes melatih bantalan lutut kita. Artinya dari satu orang pria yang nyeri lutut terdapat 4 wanita dengan keluhan yang sama. Penyakit ini sering disebut dengan dengkul kopong keropos atau bahasa kerennya Osteoarthritis (pengapuran sendi). Bentuknya pengapuran pada sendi lutut. Gejalanya rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh. Yang parah untuk berjalan saja sakitnya bukan main. Kretek…kretek…kretek gitu bunyinya. Bersepeda sangat baik bagi kesehatan lutut kita. Hampir tidak ada olahraga lain yang bisa melatih bantalan dengkul sebaik gowes secara rutin.




Menginjak usia 40an, masalah lutut ini akan mulai muncul. Saat inilah kita baru mengetahui manfaat olahraga bersepeda Kedua, kalori yang dibakar melalui olahraga gowes setara dengan aerobic low impact. Trus, apa bedanya dengan osteoporosis? Kalo osteoporosis itu pengapuran pada tulang. Osteoarthritis ini penyakit sendi menahun yang ditandai dengan kemunduran tulang rawan sendi dan tulang didekatnya.

 Pengapuran sendi ini biasanya dirasakan pada umur 40an, tapi nggak menutup kemungkinan timbul pada usia dini. Penyakit ini bisa disebabkan karena kecelakaan , infeksi pada sendi, atau bisa jadi kelainan bawaan. Osteoarthritis ini bisa terjadi hampir pada semua sendi. Misalnya pada sendi yang sering digunakan untuk menopang beban yang lebih berat seperti lutut, pinggul, punggung, tulang belakang, tangan, maupun kaki. Biasanya sih diawali dari satu sendi yaitu adanya nyeri sendi, kesulitan naik turun tangga, sulit berdiri setelah lama duduk atau jongkok. Kalo bisa kelamaan, penyakit yang timbul jika terjadi pengapuran pada sendi bisa sampai mengakibatkan berubahnya bentuk sendi. Untuk menentukan ada tidaknya pengapuran lebih baik kalian melakukan rontgen. Biasanya sih Dokter bakal ngasih kalian obat anti inflamasi non steroid tapi efek sampingnya bisa mengganggu kerja lambung bahkan menyerang jantung. Tapi jika pengobatan ini kurang membuahkan hasil, kalian juga bisa melakukan fisioterapi. Kalo mau cara alami perbanyakin konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin D, minum susu, olahraga ringan yang teratur, trus lakuin kegiatan dengan mempertimbangkan kekuatan sendi  sesuai umur kalian, olesi bagian persendian kalian dengan minyak but-but trus urut persendian kalian, perbanyak minum air putih, kurangi makan berlemak, bersanten, dan goreng gorengan. Ada banyak cara yang bisa kalian lakuin kok kalo kalian mau berusaha untuk mencegahnya, dari pada penyakit itu terus mengendap di tubuh kalian?

0 komentar