JURNAL #99_ DIRUNDUNG ALIAS DI-BULLY

Beberapa waktu lalu, saya seperti biasanya mengantar adik saya berangkat sekolah. Sekarang, dia sudah beranjak ke tingkat 2 di SMPnya. Agaknya pertumbuhannya memang signifikan sekali. Baik ditilik dari fisik maupun psikologisnya. Misalnya cerita tentang dirinya yang tengah dirundung. Mon maap, bukan dirundung pilu. Tapi, dirundung yang berarti di-bully.

Ya, adik saya adalah generasi kedua, setelah saya yang selalu di-bully di mana-mana. Berbekal dari berbagai pengalaman, saya sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan perihal perundungan. Namun, jika sudah menyangkut fisik. Tangan saya sudah ikut tremor duluan. Gatel, pengen nabok yang ngebully. Tapi paling-paling mental saya ini ga bakal berani. HHH.

Oke, balik lagi. Saya bertanya perihal tentang kenaikan kelasnya itu. Sekarang mau rangking berapa mas? 

Ya nggak tau lah mbak, semoga aja naik kelas.

Loh, emang ada yang nggak naik kelas?

Ada mbak. kalau anaknya nakal.

Ohalah, emang gitu ya?

Iya. Aku aja pernah di-bully sama dia.

What? Kamu di bully? 
Iya sih, mukanya itu emang enak banget buat di-bully, saya emang setuju. Sebab, pada dasarnya muka-muka kami ini emang bikin orang lost control buat ngebully. HHH.

Trus, di-bully nya kek gimana?

Ya di ejek-ejekin, diolok-olokin, maupun dikata-katain.

Lah, itu kan sama semua! 

Trus, tapi nggak dalam bentuk fisik gitu kan?

Ya, pernah aku dijailin gitu. Pernah digangguin. Sampai akhirnya aku kesel. 

Trus, kamu gimana?

Ya mau ga mau aku buka taringku duong mbak! Hhh. Ya aku bales pukul gitu.

Apa? Seorang minion kayak kamu mukul gentong? Ya mental lah! Halo?

Kamu beneran mukul? Mukul mananya? Pipi? Perut? Atau kakinya?

Aku tarik rambutnya sih, tepatnya. Bukan mukul

Ohalah. Itu mah jambak namanya! Trus, habis itu gimana dia? Nangis?

Ya, kek berair gitu mimik mukanya. Ga berani nangis. Dia tuh, beraninya cuman ngomong doang mbak.

Ih, situ sok jagoan banget sih! 

La emang bener mbak. Sono kalau gak percaya temuin sendiri.

Trus, habis itu? Dia masih ngebully kamu lagi?

Nggak. Udah nggak pernah lagi.

Sampai sekarang?

Iya.

Kamu ini, emang yang benar-benar kasian dari semuanya ya? Sampai-sampai di-bully terus. Di mana kamu berpijak?

Iya deh, keknya.

HHH. Gpp. Gpp.

Okesipp. Adik saya mau terbuka sama saya. Seneng rasanya. HHH. Brarti dia sedikit percaya sama saya. Wakwakwak. Dan, yang saya tanyakan adalah, kok dia berani ya, jambak rambut temennya. Padahal kan, keknya muka-muka dia itu lemah banget. Hhh.

Trus, abis itu saya bilang ke dia. 

Jadi laki-laki itu boleh berantem kok. Asal tahu waktunya. Di mana saatnya kita diam atau bertindak. Kamu boleh diem terus, tapi ngedongkol dalam hati dan nggak bertindak. Atau, kamu bertindak dan bungkam mulutnya itu. Resikonya ya ada di kamu sendiri. Kalah atau menang. Terluka, atau mati. Paham, kan?

Dia diem aja. Mungkin mencerna kalimat saya dalem dalem. Wakwakwak.

Lah, trus kamu dikatain apa aja?

Udah ah mbak, udah keburu telat ini.

Yawlah, baru aja aku mau kepo dan menginterogasinya. Malah, dia mendadak banting setir gitu. Ohalah. Oke3.

#sekonyong konyong dia jadi anak baik, ternyata
#si orok mulai gede
#kalah atau menang
#terluka atau mati?
#resiko ada di Anda :):):)
#hidup itu keras, untuk orang yang jiwanya cengeng 

0 komentar