JURNAL #15_PENTINGNYA KEYWORDS


Tadaaaaaa… Apakah kalian diberi tugas bagaikan mencari jarum dalam tumpukan jerami? Yaaap seperti itulah kiranya mencari penelitian yang menggunakan metode filologi. Selama tiga minggu lebih kami para pendekar kuliah mencari-cari segepok skripsi. Entah itu digital maupun non digital. Entah itu di internet maupun di perpustakaan. Daaaan masih banyak lagi panas dingin dan pahit manis yang dilalui. Tentunya sama dengan kalian. Right

Hingga suatu masanya kami mencari kata kunci atau bahasa kerennya keywords dengan mengetikkan “skripsi menggunakan metode filologi” , “skripsi filologi” , “skripsi metode filologi” , “penelitian, skripsi, dan disertasi yang menggunakan metode filologi” , “naskah kuno yang menggunakan metode filologi” , “naskah metode filologi”. Daaan masih banyak lagi tentunyaaaa… sampai-sampai makan pun tak enak dan tidur tak nyenyak.. :v Menjelang satu hari sebelum presentasi pun masih belum dapat juga. Sungguh pengalaman yang mengesankan..

Ada sih skripsi yang menggunakan metode filologi. But, pas dibuka ternyata isinya setengah-setengah. Ada yang cuma pendahuluannya tok. Ada yang gak ada nama penulisnya. Daaaaan masih banyaak lagi tentunya. Karena tidak semua dokumen itu disajikan full dari atas ke bawah. Tergantung perpustakaan digital tersebut yang mengelola data publikasinya. Apalah daya kita hanya sebagai research tidak berhak menuntut kesana kemari. Harus ekstra semangat dan pantang menyerah meskipun rintangan menghadang. :v

Hingga akhirnya kami sadari, bahwa penggunaan kata kunci yang diketikkan ke mesin pencari bernama Google tersebut sangatlah berpengaruh. Kami harus benar-benar menguasai perbendaharaan kata yang benar dan penggunaan yang tepat pula. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Meskipun tidak terlalu puas. Seperti contoh di atas. Kita diberi tugas mencari penelitian menggunakan  metode filologi. Dengan cara memutar otak, kami pun mencari kata kunci yang kemungkinan besar hasilnya sepadan dengan yang dimaksud. Well, ternyata benar saja. Meskipun melalui beberapa proses yang panjang. Itu tidaklah sia-sia. Mengetikkan keywords berbagai macam hingga akhirnya membuahkan hasil. Yang penting adalah ketelatenan dan kesabaran yang menjadi kunci pokok research information. Alhamdulillah akhirnya kami dapat melewati fase itu tanpa harus mengulang. 

“Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian”

Daan ini dia kumpulan skripsi maupun penelitian yang menggunakan metode filologi yang telah kami cari. Dari pelosok blog maupun perpustakaan digital yang telah memberikan akses download. Silahkan bagi yang ingin mendownload.


Sleman,  16 Juni 2017
Di sisa sisa ramadhan terakhir
(Jurnal #15_HR) 

0 komentar