JURNAL #84_ MILENIAL

"Ternyata, memang susah banget. Mendidik anak milenial zaman sekarang ya?"
"Aelah, situ baru nyadar?"
"Hm. Mo cerita boleh?"
"Apaan?"
"Aku harus gimana ya?"
"Aelah, langsung cerita aja napa?"
"Jadi gini,"

Aku punya dua adik. Sebut saja adik yang pertama V yang kedua W. Kalau digabung jadi PeWe (posisi wenak!). Paansih. Hh! Nah, dalam lingkaran persaudaraan ini, kami selalu cerita perihal apapun. Baik itu soal ujian, mau jalan ke mana, sampai pacarnya siapa, semua diomongin bertiga.

Terus?

Nah, pas bahas masalah pacar, kek gini. Si V sudah punya pacar belum lama. Aku (sebut saja Y) juga udah punya pacar sejak lama. Nah, Si W ini belum pernah pacaran saat kita-kita ngomongin pacar kita. Alhasil, sekalinya dia punya pacar kok ya gitu amat!

Gitu amat maksudnya?

Ya Bapak-bapak gitu! 

What the nzkcldkddlaalksjf? Seriously? Dia masih SMA kan?

Iya. Udah lulus tapi. Mau lanjut kuliah. Dan kau tahu, Bapaknya itu udah punya anak coba?! Dan Bapaknya juga bakalan nunggu Si W selesai kuliah masak? 

Waw. La kok bisa kenal?

Ya awalnya dari dia sering naik gojeg. Nah, bapaknya itu ojegnya. Dia sering antar jemput sama bapak itu. Dari situlah, benih-benih cinta timbul sampai sekarang.

Tapi, bapaknya nggak gimana-gimana kan?

Ya nggak sih. Tapi kenapa harus bapak-bapak gitu lo? Padahal kalau orangtuanya tahu, aku nggak tahu mesti kek gimana lagi. Pernah waktu itu hampir ketahuan. Ini kayaknya orangtuanya yang nggak terlalu percayaan, overprotektif, dan maen larang ini itu juga sih.

Terusin.

Orangtuanya itu padahal rajin beribadah, baik, dan dari keluarga terpandang alias dihormati banget pokoknya. Nah, tapi mereka belum tahu sosok sebenernya dari Si W anaknya ini. Si W ini kan kalau pulang sore terus. Kalau mau main izinnya kerja kelompok. Habis itu naik ojeg. Mau les ya ngojeg lagi. Duh, pusing aku tuh, apa-apa ojeg. Nah, pas ketahuannya pas sewaktu dia pulang sekolah diikutin ojegnya eh, bapaknya si W ini tau. Terus ditegurnya di rumah. 

#siapa tadi yang ngikutin kamu di belakang?
Oh, itu tadi kan ojeg online pak.
Udah. 
Kelar.
Gitu aja.
Bapaknya percaya.#

Kenapa kamu nggak berusaha bilang baik-baik sama Si W?

Ya kalik! Kalau aku bilang, mau jadi apa nanti lingkaran persaudaraan kita? Nanti dia nggak bakal mau cerita tentang dirinya sama bapak ojegnya itu lagi. Ya kalik juga, aku harus bilang ke bapaknya.

#woy pak, jauhin adek gua! Sambil nyodongin duit, senjata tajam, atau apalah itu dalam pikiranku sempet kek gitu. Tapi ya gimana juga, adek gua juga cinta ama dia. Kayaknya nggak ada lagi yang nerima selain bapaknya itu. Ya tau sendirilah, Si W ini orangnya cuek banget. Manja. Dan ya, gampang kesinggung an gitu lah! Tapi dulu salah aku juga sih, ngomong masalah pacarku sama saudara-saudaraku. Mungkin dari situ mereka juga pengen ngrasain yang namanya pacaran.#

#Jangankan mereka. Jomblo yang kau cekoki berulangkali dengan kisah cintamu bersama pacarmu itu juga bakalan baper kalik! Tapi kalau buat yang udah kebal, jomblo kek gitu nggak bakal terpengaruh! Hhh! Batinku#

Nggak bilang sama orangtuanya? 

Kamu gila apa? Dengan bapaknya yang kayak gitu pas kepergok anaknya dibuntutin aja udah marah-marah. Apa lagi aku bilang!!!? FYI, bapaknya itu punya penyakit jantung. Kebayang nggak kalau aku ngomong nanti gimana?

Maygat. Kicep aku. Nggak ada titik terang di sini ternyata. Batinku.

Terus aku mesti gimana?

Duh, bingung e. Pengen kasih jawaban A tapi nanti resikonya ada di B. Istilahnya kaya buah simalakama. Mau ini, itu yang kena. Mau itu, ini yang kena. Duh! Ya berdoa dan pantau terus aja. Semoga lekas diberikan yang terbaik oleh Tuhan. Amin3. :)

Kalian kalau jadi temenku Si Y ini gimana?
Terus, apa tanggapan kalian jika dimintai saran oleh si Y? Masalahnya cukup pelik kan? Terus akar permasalahannya dari siapa? 

Entah, jika memang benar dugaanku. Berarti peran orangtua lah yang harus dibenahi dan dukungan yang sportif. Boleh membebaskan anak-anak mereka, tapi juga bekali dengan ilmu. Jangan sampai selalu berprasangka negatif dan tidak percaya dengan anaknya sendiri. Kan? :)

Salam,
Semoga bermanfaat!

0 komentar