JURNAL #83_ PERLUKAH TEPUK TANGAN?

Waktu itu, aku sedang melihat temanku presentasi di depan kelas. Aku kadang asyik sendiri, ngajak ngobrol sama yang lain, atau malah mainan hp. Em, meskipun dalam hal tersebut nggak ada larangan tertulisnya, tapi aku seringkali melanggarnya. Ck, parahnya pernah dilihatin terus sama dosen karena nggak memperhatikan pas temennya bicara! Tolong, jangan ditiru yak! Kadang sikap saya susah dikontrol. Pun saya sering mengelus dada dengan sikap saya yang tanpa ba-bi-bu ini benar-benar tak tahu diri. :(((

Tapi, saya selalu menerapkan prinsip bahwa setiap orang perlu dihargai. Sekecil apapun perannya. Misal nih, dia hanya bisa menyampaikan atau membuat hasil sekian persen, yaaa memang kadarnya ya cuma segitu. Kita nggak boleh seenak jidat meng-underestimate dia. Kecuali kalau memang dia minta dikritik, baru deh kita babat dia. Eh, jangan dibabat, ya kasih saran seperlunya aja. Soto babat enak tuh keknya, haha!

Gimana caraku menghargai orang sehabis berbicara di depan umum? Sekalipun itu hanya di depan kelas? Meskipun aku tidak terlalu memperhatikannya? Tenang, cukup dengan memberinya tepuk tangan yang ikhlas. 

Lain cerita, pas temanku maju lagi dalam mata kuliah yang berbeda, sebut saja namanya Z. Lalu, teman di sampingku, sebut saja namanya X. Ketika Z selesai presentasi, lalu aku meminta X ikut tepuk tangan saat aku sudah mengatupkan kedua tangan lalu menepukkannya cukup keras, tak seorangpun yang mengikutinya. Begini kiranya,

Plok3, (jadi apa plok3) "Tepuk tangan juga dong!"
"Ngapain tepuk tangan buat dia? Nggak usah lah kalau buat dia mah!"
Maygat. Dan bener, satu suara cuma dariku... :( Dan kuharap, dia nggak baperan sama aku! Hahaha :v

Jadi, intinya ya, meskipun orang tersebut rendah di mata Anda. Tapi tolong, singkirkan pikiran kerdil Anda yang menganggap bahwa hal sekecil apapun tidak perlu diapresiasi. Termasuk hanya bertepuk tangan! Tolong catat ya? Terima kasih! :) 

Maafin aku juga, yang selalu bikin ribut dan rusuh. Nggak menghargai orang pas lagi ngomong! Ckckck.. 

Salam,
Semoga bermanfaat! :)


0 komentar