JURNAL #63_ PERUBAHAN DRASTIS INDONESIA

Waktu itu, hari dimana orang-orang asyik duduk manis NOBAR ajang ASIAN GAMES 2018, saya sendiri malah asyik-asyiknya traveling bersama teman saya sehingga kelupaan waktu. Akhirnya saya pun memutuskan bermalam di rumah teman saya itu. Malam harinya, kawan saya mengajak menonton perlombaan cabang olahraga sepak bola ASIAN GAMES 2018 bersama keluarganya di ruang tengah. Mau tidak mau, tamu harus mengikuti tuan rumahnya bukan?



Semenjak acara nonton bersama keluarga teman saya itulah. Akhirnya saya jadi tahu, kalau ternyata atlet yang mendapatkan medali, -baik itu emas, perak, maupun perunggu- selain mendapatkan uang tunai, juga akan mendapatkan rumah. Saya bahkan malah tidak tahu, karena jarang menontonnya. Jujur, sebenarnya saya sendiri tidak terlalu mengikuti perkembangan ASIAN GAMES 2018 sedari awal.

Hidangan camilan yang disajikan beserta minumannya pun menjadi pelengkap malam itu. Tak lupa sorak-sorai dari ibu dan ayahnya turut menambah suasana menjadi semakin meriah. Saya sendiri tertohok. Di sanalah saya merasakan kehangatan yang begitu mendalam sekaligus membuat saya sendiri terpantik untuk mendukung Indonesia. Di sisi lain, saya merasa terketuk untuk lebih mendukung Indonesia, meskipun hanya melalui nonton bersama. -Padahal, ayah dan ibu saya sering menyempatkan waktu berdua untuk menonton ASIAN GAMES tersebut, tidak seperti saya yang malah keluyuran.-

Haru dan bangga, perlombaan sepakbola antara Indonesia melawan Taiwan tersebut akhirnya berhasil mencetak skor 4-0. Indonesia pun menjadi juaranya. Perubahan yang signifikan. Ternyata prestasi Indonesia di bidang olahraga “berubah” drastis. Berawal dari ketertarikan hal tersebut, saya akhirnya mencari tahu  mulai dari persiapan awal ASIAN GAMES 2018. Sekarang, saya bahkan ikut memantau perkembangan Indonesia dalam ASIAN GAMES tersebut. Baik melalui nonton bareng, atau hanya sekadar memantaunya melalui siaran berita. Syukurlah, ada peningkatan!

Berikut ini, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi dan patut diacungi jempol atas perubahan Indonesia dan persiapannya dalam meraih kemenangan ASIAN GAMES #Menuju Indonesia Maju :

1.      Memajukan Sektor Pariwisata

Kita sendiri sering kedatangan turis asing di Indonesia bukan? Tentunya berkat ASIAN GAMES 2018 ini kita sangat beruntung. Kenapa? Karena ajang tersebut ditonton oleh berbagai negara, tak ayal jika wisatawan asing justru lebih banyak berkunjung ke Indonesia untuk melancong dan melihat-lihat objek wisata yang ada di seluruh nusantara. Tentunya secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah pengunjung asing kan? 

2.      Memajukan Sektor Seni dan Budaya

Tak salah lagi, jika Indonesia akan kedatangan turis asing lebih banyak. Lihat saja pada pembukaan ASIAN GAMES 2018, Indonesia memanjakan mata wisatawan asing dengan budaya kita melalui pertunjukan tari kolosalnya. Tidak hanya itu, di bidang tarik suara kita juga turut menghadirkan berbagai artis lokal maupun dari mancanegara untuk memeoriahkan acara tersebut -di samping itu, kita juga menunjukkan talenta dalam bernyanyi, tak mau kalah dengan yang lainnya-. Bahkan lagu Meraih Bintang milik Via Vallen sebagai OST ASIAN GAMES 2018 juga telah di-cover ke berbagai bahasa. Tentu kita merasa bangga akan euforia dari berbagai negara, yang turut menyambut perhelatan besar ini bukan?

3.      Memajukan Sektor Perekonomian 

Ibarat kata, ASIAN GAMES 2018 ini sebagai lahan mencari pekerjaan. Sedangkan kita, warga Indonesia sendiri sudah sepatutnya memanfaatkan peluang tersebut. Tengok saja, banyak pengrajin dan pelaku kreatif yang memanfaatkannya dengan menjual berbagai merchandise terkait ASIAN GAMES 2018 tersebut. Orang-orang pun berbondong-bondong memborong pernak-pernik tersebut. Mulai dari boneka, gantungan kunci, kaos, bando, dan masih banyak lagi. Ladang meraup keuntungan bukan? 

4.      Memajukan Sektor Teknologi

Bersama Huawei, Indonesia menjalin kerjasamanya untuk mendukung ASIAN GAMES 2018 melalui jaringan 4.5Gnya. Selain itu, pemerintah juga menjalin komitmen kepada Huawei agar anak-anak Indonesia yang memiliki talenta tinggi dapat diberi kesempatan belajar bersama R&D Huawei yang tersebar di Tiongkok, Amerika, dan Eropa. 

Di sisi lain, video maping yang dipadukan dengan atraksi ratusan drone pada pembukaan ASIAN GAMES 2018, tentunya menjadi saksi bahwa Indonesia dapat membuat kreativitas melalui teknologi yang semakin maju hingga saat ini. Tak heran, jika masyarakat yang hadir terpana dengan ratusan drone yang membentuk kembang api, tulisan ASIAN GAMES 2018, dan juga lambang Burung Garuda. Menawan bukan?

5.      Memajukan Sektor Pembangunan Untuk Difabel

Sebagai warga negara, tentunya kita mendapatkan hak-hak untuk fasilitas yang sama bukan? Lihat saja, Indonesia juga menyediakan tribun khusus penonton penyandang difabilitas. Selain itu, untuk memudahkan jalannya acara tersebut, fasilitas yang disediakan untuk penyandang difabel di antaranya parkir pengunjung dan atlet difabel, lokasi drop-off yang terkoneksi dengan ramp, toilet, lift, dan jalur pemandu (guiding block) pada trotoar di depan bangunan.

6.      Memajukan Sektor Pangan

Faktor pangan justru penting untuk ditindak lanjuti. Sebab, pengunjung yang datang tentunya sangat membludak bukan? Tak jarang mereka juga butuh asupan untuk menyuplai tubuh mereka. Tentunya banyak sekali jajanan yang disediakan oleh beberapa pedagang di area tersebut bukan? Namun pemerintah sudah bekerjasama bersama BPOM untuk mensertivikasi makanan tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan serta berlangsung aman sampai penutupan ASIAN GAMES 2018.

7.      Memajukan Sektor Sosial

Beberapa waktu Indonesia berhasil dikalahkan Palestina pada cabang olahraga dengan skor 2-1 di Stadion Patriot, Bekasi. Namun, Presiden Jokowi menyambut kunjungan Ketua Komite Olimpiade Palestina dan meyakini bahwa ASIAN GAMES 2018 ini akan memberikan energi baru untuk Palestina. Sehingga dengan adanya ajang ini, tali persaudaraan akan semakin erat, serta saling bahu membahu antar negara agar tercipta perdamaian dunia.

8.      Memajukan Media Value

Bagaimana jadinya jika Indonesia menjadi sorotan dunia di ajang perhelatan ini? Seluruh dunia memandang Indonesia sebagai tuan rumah ASIAN GAMES 2018. Tentunya berkat media yang menayangkan acara ASIAN GAMES ini, nama Indonesia menjadi terangkat dan terexpose. Baik di bidang olahraga, budaya, maupun yang lainnya. Beruntung bukan?

9.      Hadiah Menggiurkan Bagi Atlet Menangi Medali 

Ternyata tidak hanya uang tunai dan juga rumah yang diberikan pemerintah kepada atlet yang berhasil menyabet medali. Namun, dibalik itu mereka juga diberi kesempatan untuk menjadi PNS, Polri, dan juga TNI. Hal ini tentu akan memotivasi atlet untuk semakin berprestasi, sehingga dapat menjamin masa depan mereka bukan? 

10.  Posisi dan Target Pencapaian di luar Dugaan

Hingga sampai saat ini, perolehan medali Indonesia melebihi target yang diperkirakan. Ternyata total medali yang diperoleh dari keseluruhan cabang olahraga, Indonesia telah mengantongi sebanyak 98 medali. Hal ini diperkuat pada cabang olahraga pencak silat yang beberapa kali menyabet medali emas terbanyak. Bahkan peringkat Indonesia berada di posisi 5 besar, yang sebelumnya ditargetkan menempati 10 besar.

 Akhir kata, dengan berakhirnya ASIAN GAMES 2018 ini, semoga semangat para atlet tidak ikut menyurut. Selain itu, semoga ke depannya Indonesia dapat berubah menjadi lebih baik lagi, entah dalam segi pembangunan, perekonomian, pariwisata, maupun sektor yang lainnya. Serta mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat menyongsong hari esok Menuju Indonesia Maju seutuhnya. 


 Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat ya!




Yogyakarta, September 2018


Referensi :

http://setkab.go.id/asian-games-2018-diyakini-beri-dampak-besar-bagi-pariwisata/
http://setkab.go.id/untuk-asian-games-pembangunan-dan-renovasi-kompleks-gbk-dilengkapi-fasilitas-bagi-penyandang-disabilitas/
 

0 komentar