MACAK PO MACA ?

BACA APA HARI INI ?

 Apa itu macak dan apa itu maca? Menurut bahasa Jawa, macak artinya berhias sedangkan maca berarti membaca. Lalu apa hubungannya? Kita tidak hanya dituntut untuk memperindah diri kita sendiri HANYA dengan berhias. Contohnya update gadget, update PC, ataupun materi yang lain. Kenapa? Karena kita perlu memoles pribadi kita dengan membaca. Membaca apa? Misalnya baca buku, membaca situasi, maupun membaca perilaku.
 
 Kita harus tahu dimana saatnya menjadi buku dan pembaca. Buku adalah objek yang kita baca (dalam hal ini bersifat statis). Sedangkan pembaca adalah diri kita sendiri yang dapat berimajinasi maupun dapat menyampaikan pikiran sesuai bahasa sendiri (dalam hal ini bersifat dinamis). Ada saat dimana kita harus bersifat statis dan dinamis, maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam membaca situasi.
Saat statis kita harus bersikap seolah-olah ada yang selalu melihat kita (Tuhan). Sedangkan dinamis, jangan mentang-mentang mampu berbuat apa saja kita bisa berbuat seenaknya saja, melainkan tetap pada circle (aturannya). Manfaat membaca sendiri secara tidak langsung berpengaruh pada kehidupan kita, dengan membaca kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan kita, lebih ekspresif dalam memposisikan diri kita pada sudut pandang maupun situasi yang sedang kita baca, dan akhirnya pengetahuan kita pun semakin bertambah sehingga kita menjadi lebih tahu dari sebelumnya.

Demikian sedikit dari tulisan saya. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu pada postingan yang lainnya ya! Terima kasih sudah membaca. :)

0 komentar