JURNAL #26_MENULIS SEDIKIT (N)AKAL

Pada dasarnya setiap dari diri kita pasti pernah melakukan kenakalan. Entah itu besar maupun kecil. Namun memang itu merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh anak-anak. Lantas? Jika dewasa ini kita masih nakal. Bagaimana?


'Nakal' yang saya artikan disini bukan dalam bentuk yang negatif. Hanya saja lebih mengarah pada pemikiran yang berbeda. Bukan berarti nakal dalam arti fisik maupun batin. 

Tak diragukan lagi. Nakal dalam bentuk kritis pemikiran inilah yang menjadikan diri kita bangkit untuk menggali potensi yang ada. Seperti mengeluarkan emosi dalam bentuk karya entah melalui seni maupun sastra. Entah melalui lisan maupun tulisan.

Seperti halnya menulis dengan pandangan yang berbeda dari kebanyakan orang pun,  bisa masuk dalam kategori sedikit nakal, dan disisi lain pula dia banyak akal. Karena tak banyak orang yang berani berpikir berbeda.

Jadi, tidak usah merasa minder hanya karena berpikiran beda dari yang lain. Alih-alih dianggap sesat atau tidak waras, justru kamu akan mendapat kepercayaan atas diri sendiri. Karena berani memulai sesuatu di luar pandangan mereka terhadap dirimu sendiri. Tidak ada ruginya! 

0 komentar