JURNAL #31_ARE YOU SURE? INDONESIA ANTI BULLYING


Indonesia anti bullying? Yakin bisa? Dengan merebaknya kasus kekerasan antar remaja sendiri tak memungkiri bahwa ternyata dapat memicu korban-korban yang lain. Entah itu dari video yang beredar di internet, maupun dari pengaruh pergaulannya.

Saya yakin, pasti salah satu dari kita ini pernah mengalami bullying. Bahkan, Nabi Yusuf pun pernah dibullying oleh saudara-saudara mereka sendiri. Di mana tertuang dalam Surat Yusuf : 07. Nabi saja pernah, apalagi kita?

Kebanyakan dari kita menafsirkan bahwa proses bullying sendiri berupa kekerasan dalam fisik. Padahal, bullying bisa berupa sifat-sifat yang tak kasat mata sekalipun. Misalnya saja, perlakuan teman sekelas yang mendiamkan kita dan enggan berteman tanpa sebab. Mengajak orang lain untuk tidak berteman dengan kita, dan tentunya banyak sekali tipu daya yang bisa digunakan agar puncaknya, orang lain mengecap negatif diri kita.

Semoga kisah ini bisa membuka mata hati kalian. Para pembaca, saudara, guru, pendidik, bahkan orang tua sekalipun. Saya sendiri pernah dibullying secara tak kasat mata dan pernah melihat proses kekerasan fisik tersebut melalui mata telanjang. Beruntung, saat itu Saya bukan merupakan korban kekerasan fisik.

Awal mulanya dari Sekolah Taman Kanak-Kanak. Anda bisa membayangkan bukan? Semasa TK sudah dibullying teman-temannya. Haha. Wajar kan kalau anak-anak memang nakal kalau umur segitu? Hmm..iya nakal. Tapi kasihan yang di nakalin. Kan ?

Proses bullying saat di TK itu nggak begitu ribet sebenarnya. Hanya saja, bermula dari sifat Saya yang dulunya pendiam, anak-anak senang menjahili Saya. Tau sendiri kan ya? Jahilnya gimana? Ya paling rebutan pensil, ga dapet tempat duduk, suka bikin nangis gimana caranya, ga cewek, ga cowok sama aja. 

Dan yang paling jleb itu pas Ibu Guru sama anak-anak nyanyi bareng. Nah, kebetulan sekali Saya duduk berada di pinggiran, paling pojok depan, dan disamping Saya itu anak laki-laki. Kelakuannya, udah bikin deg-deg an. Bukan karena Saya seneng, (TK belum ada cinta-cinta an kali !) tapi karena terkenal dengan kenakalannya, makanya Saya takut. Dan pas pada saat yang bersamaan. Ketika anak-anak nyanyi, Saya ditendangi dan diinjak kakinya terus sama dia selama lagu itu berlangsung. Padahal, waktu itu lagunya diulang-ulang karena banyak yang salah nyanyi. Sontak saja, Saya nangis, tapi ya gak keras. Cuma sesenggukan kaya gitu. Intinya nahan nangis dan berusaha nyanyi bareng (Dalem!). Dan anehnya, kenapa Ibu Guru gak tahu pas Saya lagi nangis saat mereka nyanyi bareng. Malahan, taunya pas udah selesai nyanyi. (Hmm, ya iyalah, kan nyanyi suaranya menggelegar. Otomatis tangis syahdumu itu ga kedengeran di kuping Bu Guru! Mungkin aja dia tahu, tapi emang sengaja di lama-lamain nyanyinya! Kamu kan di pinggir pojok depan, ya ga keliatan lah orang kamu kecil. Coba kalau kamu di belakang, pasti Ibu melihat dengan seksama! ). Hahaha…

Bahkan, jambak-jambakan kerudung pun pernah terjadi. Entah ngrebutin apa gitu, lupa Saya. Soalnya itu sudah lama benar. (Eh, yang bagian terahir itu seriusan? TK udah segitunya? Yang bener?) Elah, bener ! Sayang, waktu itu belum ada HP secanggih sekarang. Coba aja kalau udah ada, langsung masuk TV, dan berasa artis noh! (Jadi, hidup kamu pas TK itu hancur yah. Keliatan tuh, cewek cowok aja jahilin kamu. Terus, kamu ga ada temen ya?) Enak aja bilang ga punya temen! Ada lah. Cuma, temen Saya itu ya orangnya ga pendiem banget. Jadi ga kena jebakan mereka. (Hmm.. sabar ya nak! Bersakit-sakit ke hulu bersenang-senang ketepian). Y.

Intinya, semenjak bullying itu Saya trauma tidak mau berangkat sekolah. Nangis di sekolah. Minta ditunggu di sekolah. Dan pokoknya GA MAU SEKOLAH! Tapi, Ayah Saya yang menawan selalu membujuk rayu Saya agar mau berangkat sekolah. Dan entah kenapa, meskipun udah dibullying Saya ga pernah ngomong. Tapi, meski begitu, Saya pernah mendengar Bu Guru bilang kepada Ayah Saya bahwa Saya pernah dijahili. Dan semenjak itulah Saya tahu, Ayah selalu membisikkan kata-kata manis dan penambah semangat agar Saya tetap melangkah. Dan anehnya, setelah dibullying Saya tetap berangkat sekolah, meskipun ogah-ogah an.

Udah kan di TK? Rasanya seneng banget dah, bisa lulus dari TK. Berharap ga ketemu sama mereka adalah cara terbaik waktu itu. Beruntungnya, Saya juga ga ketemu lagi sama mereka di SD. Yes!
Nah, STOP dulu sampai sini ya. Masih ada masa-masa SD, dan SMP yang kelam. Tenang aja, kalian akan dapat kejutan yang menarik di ending ceritanya. Nantikan ya!

*NB : BTW tulisan ini ceritanya mau dijadiin kerangka lomba essai. Tapi, berhubung essai bahasanya formal, Saya urungkan niat untuk mengirimnya, dan post di sini ajalah. Hahaha…

Terima kasih sudah menyempatkan membaca…

0 komentar