SOLUTION
of PROBLEM CYCLING
(SOLUSI MASALAH SAAT
BERSEPEDA)
Ujian Nasional SMK dan
sederajat tinggal mengitung jari nih, buat saya itu ujian emang sah bagi orang
yang mau lulusan..... tapi selain belajar, kalian juga jangan lupa buat
olahraga, terutama bersepeda...hhe. Syukur-syukur bisa naikin tinggi badan sama
nilai kalian.....
Karena udah sering banget ngalamin problem
saat bersepeda, sekarang saya mau share tips ngatasin problem itu, ini dia.....
1) BAN
DALAM BOCOR
Ban dalam bocoradalah
halyang seringterjadi.
Penyebabnya bermacam-macam, dari tertusuk benda tajam, misal serpihan kayu atau
kawat, terkena tusukan batu yang runcing dan ban kurang angin, sambungan pentil
yang karatan/rusak , atau memang kondisi ban dalam yang sudah tua.Untuk
mencegahnya, bisa dengan selalu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban,
sesuaikan dengan medan yang akan dilalui. Bila akan melewati jalur yang banyak
batunya usahakan tekanan angin tidak terlalu keras atau lunak, dan bila
melewati jalan aspal mulus usahakan tekanan angin yang agak keras/tinggi. Bagi
yang menggunakan ban dalam dengan pentil yang terbuat dari besi, periksa apakah
ada karat atau tidak, baiknya menggunakan pentil dari plastik.
Ini salah satu tips
yang direkomendasikan dari salah satu artikel yang pernah saya baca, yaitu bila
terjadi ban dalam bocor, yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan ban dalam cadangan. Bila beraktifitas offroad pastikan membawa paling tidak
satu buah ban dalam cadangan. Pastikan juga membawapengungkit untuk memudahkan
membuka ban luar dan tentunya pompa! Caution : Memambal ban adalah tindakan yang
tidak direkomendasikan!Selain
tingkat kegagalannya tinggi juga memakan waktu.
Itu menurut artikel yang
saya baca, tapi jika kepepet mending tambal
ban kalo perjalanannya memungkinkan.
2) BAN LUAR SOBEK
Kejadian ini sebenarnya jarang terjadi, tapi pernah
dan bisa terjadi juga. Saya juga pernah mengalaminya, takseperti ban dalam yang
bocor/rusak, bila ban luar yang sobek bisa jadi ini adalah akhir dari
acara offroad anda. Peristiwa ban sepeda offroad rusak yang
jarang terjadi mengakibatkan jarangnya offroader yang membawa spare
part ini. Ban dalam pasti banyak yang bawa, ban luar??? siapa yang mau
bawa???
Kerusakan ban luar offroad biasanya disebabkan
oleh usia ban yang sudah cukup uzur. Ban lama cenderung getas dan
biasanya ada retakan, bila dipaksakan terus di medan offroad yang
berbatu pastinya akan cepat rusak. Penyebab lainnya adalah kurang angin,
bila ban kurang angin dan menghantam kontur batu yang tajam, niscaya ban akan
beresiko rusak. Tidak hanya merusak ban dalam, ban luar juga akan terkena
dampaknya.Cara mengatasinya tentunya dengan membawa ban luar cadangan,
masalahnya siapa juga yang bawa-bawa ban luar kalo lagi offroad ? Kalo
nggak ya, pergi ke bengkel sepeda minta ganti yang baru...hha
3) RANTAI PUTUS
Saat di jalanan, saat asyik menuruni tanjakan atau
saat akan memindahkan gigi sering sekali rantai putus atau lepas, bila tidak
dirawat dengan baik, tidak diberi pelumas atau tidak dibersihkan dari kotoran
secara rutin, akan mudah putus atau
lepas.
4) REM PATAH/MALFUNGSI
Pengalaman ini juga pernah saya lalui, dulunya saya
juga tidak begitu khawatir saat rem patah dan menganggapnya hal sepele, hanya
menggunakan satu rem depan saat offroad sangatlah menyiksa. Bisa
dipastikan ketika hanya menggunakan satu bagian rem saja, sepeda tidak bisa
berjenti dengan baik, sangat BERBAHAYA! dan juga rem mudah terbakar.
Kedua item merupakan komponen sepeda yang berada di
stang. Kerusakan komponen ini biasanya terjadi ketika sepeda menginjakaspal/tanah,
bagian ini menghantam objek benda keras dan akhirnya rusak/patah.Untuk
mengurangi resiko shifter atau rem patah, usahakan jangan
membaut terlalu kencang ke stang. Longgarkan sedikit baut pada shifter atau
rem. Tujuannya agar ketika menghantam benda keras, keduanya bisa bergerak dan
memiliki peluang terhindar dari patah.
Oke, postingan kali ini saya cukupkan, sampai
jumpa di postingan berikutnya ya!!! Semoga BERMANFAAT,,,,, J