JURNAL #52_SAYA (TIDAK) SUKA KACAMATA

Entah bagaimana ceritanya, yang pasti waktu pas zaman SMP Saya mulai PDKT dengan yang namanya kacamata. Dulu sih ga begitu suka banget baca buku. Cuman, suka aja baca buku sambil tiduran. Dan ada kabar yang berkelebat bahwasanya baca buku sambil tiduran bisa menyebabkan mata minus. Whatever, Saya tebas kabar tersebut. Saya ga percaya. Entah bener apa nggak, sampai sekarang pun saya masih belum menemukan informasi yang benar-benar valid.


Well, dari dulu sejak SD saya ga pernah duduk depan. Mau gimana pun saya gak mau dan ga pernah mau ada di barisan paling depan. Yang penting bukan barisan para mantan... Kalau ga di tengah ya di baris paling belakang duduknya. Selalu seperti itu.


Namun, sewaktu kelas 3 SMP saya sudah merasakan gejala gejala yang tak wajar. Jiwa saya mulai terguncang. Saya tiba-tiba aja ga bisa melihat tulisan di papan tulis pas duduk di barisan paling belakang. Semuanya kabur, tampak keruh, dan tak jelas. Seperti perasaan ini...


Sontak saja, Saya majukan tempat duduk jadi nomer dua. Lumayan jelas. Tapi tetep ga pakai kacamata. Akhirnya selang beberapa bulan kemudian, ada pemeriksaan mata oleh pihak Pertamina. Ga tau kenapa sebenarnya seneng sih, pakai kacamata biar kaya orang pinter. Tapi percuma kalau buat tampilan luarnya doang.. Eh... 


Masuklah saya ke ruang BK. Tempat dimana dilangsungkannya pemeriksaan mata oleh setiap siswa SMP. Dan sontak saja saya kaget. Minus saya sudah mencapai angka 0.5. Belum besar banget sih emang, tapi kan mau ga mau tetep pakai. 


Hmm.. Saya cuma pakai itu kacamata kalau pas baca doang. Kalau buat jalan dan naik sepeda mah, ga pernah dipakai. Sampai sampai pas SMK kebiasaan ini juga masih berlangsung. Tapi, alangkah sedihnya saya ketika saya harus ganti kacamata saya dua kali. Hal ini disebabkan karena gagangnya putus akibat pemakaian tak terawat. Yang kedua karena frame lensanya putus juga akibat pemakaian yang lebih tak terawat. 


Ah banyak hal yang mau saya luangkan untuk berekspresi.. Eheee.. Diantaranya, waktu SMK saya pernah naik bus dan pas turun itu saya lihat kok kaya ada teman TK saya yang disalami sama mbak mbak penumpang bus sebelah saya tadi... Akhirnya saya pun ikut ikutan membuka jabat tangan dari jarak jauh pun sudah senyum dan begitu sampai tempatnya. Ah, mampus... Saya salah orang. Udah senyum senyum, buka jabat tangan, dan kalau mau diam dan mengepal tangan kayaknya ga mungkin banget. Karena itu udah di depannya persis. Dan bagaimana reaksinya kalau Anda tahu? Dia cuekin tangan saya. Dan langsung ketawa sama temannya yang tadi... Dan saya pun langsung pulang... 


"Mbak, mbak.. Tadi itu tak panggil lo. Kok nggak nyapa sih.. Somsee (sombong sekali) dehh... "
"Eh, iya po? Ya maaf. Aku nggak tahu, soalnya mataku minus. Ngeliat kamu yang di depanku persis aja kabur. Apalagi melihat masa depanku sendiri?" Eh... 


"Kalau liat pakai mata mbak. Mau cepet ke surga po?" 
"Eh iya. Bosen nih, hidup kok disalahin terus.." Hmm... 


"Eh Bung, hari ini kau lagi praktek di perpustakaan yaa?" tandasku yang kukira itu adalah Tika, teman sekampusku sambil menunjuk nunjuk ke arah mukanya. Lah, kok dia diam terus ngeliatin hp?
"Astaga, Aku salah orang. Maaf yaa mbaak.." saat kutengok wajahnya lebih dekat lagi. Dan kau tau? Mbaknya tidak menunjukkan gejala tersenyum dsb. Hanya memasang muka bingung sambil melototi ke arah HP. 
Akhirnya orang orang di sekitar tempat duduk perpustakaan tersebut tertawa terpingkal pingkal. Termasuk saya yang menertawakan diri sendiri.. 


"Makanya sadar diri, pakai kacamata kenapa..? Jangan dilepas pakai juga. Dipakai terus. Jangan setengah-setengah." 


Dan andai kalian tahu, pakai kacamata itu nggak enak banget. Tapi emang mau gimana lagi. Buat membantu penglihatan, sepahit dan segetir apapun kekaburan, emang harus ditelan. Tapi sejauh ini saya masih lepas pakai kacamata. Tidak peduli dibilang sombong atau pingin cepat masuk surga. Dan punya berbagai tembok anti malu kalau kalau salah orang. Toh, itu bisa dijadikan pengalaman berkesan untuk saya dan orang tersebut. Dan juga menertawakan diri sendiri itu menyenangkan Bung... Cobalah ! 


NB : kenapa tiba tiba pakai Bung? Dapet inspirasi darimana e? 
Entahlah, saya pun tak tahu... 

#be grateful
#kacamata
#dan sejarah para pemakainya

0 komentar