JURNAL #56_ SAFARI RAMADHAN

Jadi gini. Hal hal yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan itu hakikatnya apa sih? Membersihkan diri, berburu pahala, atau malah berburu takjilnya? Hmm.. semua pasti punya jawabannya masing-masing..

Terus bulan Ramadhan ini targetmu ngapain aja? Apa mau khatam Al-Qur'an 10x, target ngaji satu hari satu juz (ODOJ=One Day One Juz), sedekah melimpah, ikut kegiatan berbagi takjil dan sahur, atau ngajar TPA dan jadi pembicara di kajian masjid masjid?

Atau kalian bekerja part time, shift shift, bahkan full time di bulan Ramadhan? Semua gak ada yang salah kok.. semua baik, kalau yang diniatkan baik. Bahkan bekerja pun mendapat pahala selain itu juga dapat uang kan? Dan juga THR Bung!!!.. <untuk keluargamu kelak> <hmm, ingat ini puasa jangan baperan>..

Oh iyaa.. pas awal Ramadhan kemarin Saya melakukan safari. Loh, safari? Iyaa.. safar kan artinya perjalanan. Jadi ceritanya jalan-jalan di bulan Ramadhan.. ehee

Hari pertama saya melakukan safari tarawih di masjid sekitar kampus Saya. Pukul 7 malam dilangsungkannya sholat Isya berjamaah sampai pukul 19.10 an. Selepas itu dilanjut ceramah sampai pukul 19.19. Saya ingat betul, ceramahnya benar-benar cepat. Namun saya tak ingat betul apa isinya.. setelah itu langsung dilakukan sholat tarawih berjamaah sebanyak 8 rakaat (2-2-2-2) dan sholat witir 3 rakaat (2-1)

Kata teman Saya, di masjid itu gabungan dari Muhammaddiyah dan NU.. paham saya juga demikian, sebab di setiap 4 rakaat tarawih jamaah sholatnya berkumandang sholawat.. selain itu, ciri dari witir NU yaitu cara pengerjaannya (2-1), kalau Muhammadiyah ada yang sholat tarawihnya (2-2-2-2) ada juga (4-4). Namun witirnya (langsung 3 rakaat) Saya amat kaget sih, waktu itu Imamnya cepet banget dan pas merapalkan surat surat (Alhamdulillah seputar juz 30, jadinya cepet dan ga ada tambahan di surat lain, seingat saya).  Alhasil sekitar jam setengah 8 nan sudah selesai. Jumlah jamaahnya, menurut Saya penuh lah.. soalnya seisi masjid keisi semua sampai ada yang di serambi masjid... Dan terakhir, setelah shalat tarawih dan witirnya selesai, semua jamaah seraya berdiri dan berucap sholawat sambil berjabatan tangan antara satu dengan yang lainnya.. NU banget Bung.. but, it's not a problem... Right? Oh iyaaa.. one again.. saya lupa.. infaknya disediakan oleh masjid. Ada dua kotak infak. Satu untuk kubu cewek dan satu lagi untuk kubu cowok. Tapi bedanya, kotak infak tersebut digilir berjalan dari jamaah di barisan paling awal lalu akhir. Finish


Tunggu safari berikutnya yaa..
Ayo semarakan Ramadhan mu...


#menjelang UAS
#warta
#ramadhan
#apa_targetmu



0 komentar