JURNAL #41_ 5 TAHUN KE DEPAN

Apa yang kita dengar maupun kita lihat setiap hari ternyata dapat mempengaruhi keputusan yang akan kita ambil. Kalau yang setiap hari kita makan itu adalah gossip yang ini begini, yang itu begitu, maka jangan kaget kalau tiba-tiba masa depan kita penuh drama semacam itu. Kalau setiap hari kita makan junkfood lalu mendadak menjadi sehat sepertinya Impossible.

Coba tanyakan kepada orang-orang yang telah sukses. “Apa yang mereka konsumsi setiap hari? Apakah mengkonsumsi gossip jadi bahan racikan mereka sehari-hari?” Entah, bahkan yang barusan booming saja terkadang tidak tahu-menahu. Karena terlalu banyak hal-hal yang mereka anggap lebih penting daripada hal tersebut. See? Tidak perlu Saya sebutkan, pasti ada beberapa orang tersebut di sekitar kita.

Saya tidak berbicara bahwa kita tidak boleh update hal-hal semacam itu. tidak. Tapi, kembali ke pribadi kita masing-masing. Keputusan yang telah kita pilih mempengaruhi masa depan kita. Apa yang kita putuskan untuk didengar dan dilihat pun akan mempengaruhi masa depan kita.

Itulah mengapa, kita selalu terus-menerus dicekoki wejangan “Hati-hati dalam bergaul”. Karena memang benar, semakin terpengaruh maka semakin besar dan merajalela kemungkinan-kemungkinan yang lainnya.

Tidak heran jika ada seseorang yang bertemu dengan sang pujaan hati (pacar), dia mengijinkan semua hal masuk melalui pancaindra. Hingga akhirnya wejangan sang pujaan hati lebih digagas daripada omongan orangtua. Eh, maaf kalau salah.

Begitu pula sosial media. Apa yang selalu kita baca terlebih postingan teman kita di WA, IG, FB, dll pun juga dapat memberikan feedback kepada kita sendiri. Untung-untung kalau hal itu memberikan dampak positif. Nah, kalau kita malah ikutan ke ranah pikirannya yang belum matang?

Yang perlu diperhatikan adalah kita harus pintar-pintar memilah mana yang berfaedah untuk kita maupun orang lain. Pastikan hal apapun yang mempengaruhi kita membawa kita kepada hal yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Cara menentukannya pun cukup mudah. Coba saja bayangkan hidup kita 5 atau 10 tahun ke depan jika kita terus menerus mendengar dan melihat hal-hal yang sering kita lihat maupun kita dengar. Akan jadi apa kita? Akan kemana kita? Jika bagus, maka teruskanlah. Tapi jika tidak, lebih baik berhenti secara perlahan. Sebelum kita kecanduan dan susah untuk melepaskannya.

IN(SEPI)RASI : Dari para korban pengidap narkoba, pacaran, junkfood, gossip, micin.

Nyatanya nyegerin nggak? Kalau nggak ya udah. Itu aja, hahaha. Selamat membayangkan 5 tahun ke depan kalian.. Ehehe

0 komentar